Penyebab Kerusakan Pada Instalasi Pipa HDPE

Penyebab Kerusakan Pipa HDPE

“Pipa HDPE bisa rusak?” 
Beberapa waktu yang lalu, saya di telfon oleh salah satu pelanggan kami. Beliau komplain bahwa Pipa HDPE yang telah di pesan mengalami kerusakan / kebocoran. Sesuatu yang sangat jarang terjadi. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Pipa HDPE memiliki karakteristik yang sangat istimewa bahkan tahan hingga 50 tahun pemakaian. Selain itu Pipa HDPE juga tahan terhadap gempa dan juga abrasi. Lantas apa yang terjadi sampai PIpa HDPE mengalami kerusakan tersebut? Padahal belum sampai genap 1 tahun setelah instalasi.

Penyebab Kerusakan

Setelah ditelusuri, kerusakan terjadi karena kesalahan instalasi. Seperti ini kronologinya : Medan yang dilalui pipa HDPE saat itu adalah pegunungan. Pipa jaringan induk yang dipasang dari sumber mata air (atas) menuju ke bawah langsung tanpa di pasang Air Valve atau katup udara sebelum menuju ke Gate Valve. Jadi, udara yang terdorong di dalam pipa, tidak terbuang. sedangkan air dari atas terus menerus memberikan tekanan ke bawah. Karena tidak kuat menahan beban tekanan, atau melebihi kapasitas tekanan yang ada, Pipa HDPE yag berada di bawah, yang dekat dengan Gate Valve pecah / rusak. Itulah yang terjadi akibat pengetahuan yang kurang terhadap instalasi atau kesalahan pada instalasi.

Pipa HDPE bisa kuat dan bertahan hingga 50 tahun dengan catatan pemasangan harus benar dan sesuai dengan standar. Kesalahan pada saat instalasi bisa mengurangi umur (lifetime) Pipa HDPE bahkan kerusakan Pipa HDPE seperti yang terjadi pada pelanggan kami diatas. “Lalu apa solusinya? apa bisa di tambal?” Mungkin sebagian dari anda bertanya demikian. Apakah Pipa HDPE bisa di repair atau di tanbal. Jawabannya adalah TIDAK. Jika Pipa HDPE sudah rusak, maka tidak bisa di gunakan lagi. Yang perlu diingat bahwa Pipa HDPE bisa di “Daur Ulang” namun tidak bisa ditambal. “Bagaimana dengan garansi Pipa HDPE?”. Memang benar Pipa HDPE yang kami jual ada jaminan garansinya, namun itu berlaku jika memang Produk yang kita jual sudah cacat / rusak sebelum instalasi. Karena kerusakan terjadi karena kesalahan pihak pembeli / instalator maka Garansi Pipa HDPE tidak berlaku. Sama seperti kesepakatan Garansi di semua toko, bukan?

Mencegah Kerusakan Pipa HDPE

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Pipa HDPE tidak sampai rusaj atau bocor :

  1. Transportasi / pengangkutan
    saat Pipa HDPE di muat harus dengan hati – hati. Hindari membanting Pipa 
  2. Penyimpanan Barang
    Hindarkan dari sinar matahari secara terus menerus, karena bisa mengurangi umur Pipa. Jaga kebersihan sekitar Pipa HDPE disimpan
  3. Instalator Handal
    Ini yang sangat penting dan harus di perhatikan, jadi tenaga yang memasang Pipa HDPE diharapkan handal dan sudah mengerti tentang jaringan Pipa HDPE. Tentang Spek, Sistem, dan lain sebagainya. Karena Pipa HDPE adalah Pipa khusus, berbeda dengan Pipa umum seperti Pipa PVC Standar

 

 

Terima kasih. Semoga bermanfaat