Gate Valve : Harga dan Stok

Gate Valve

Gate valve adalah jenis katup yang digunakan untuk membuka aliran air. Dengan cara mengangkat gerbang penutup nya yang berbentuk bulat atau persegi panjang. Gate Valve adalah jenis valve yang paling sering dipakai dalam sistem perpipaan. Yang fungsinya untuk membuka dan menutup aliran.
Gate Valve http://daftarhargapipa.com
Gate valve tidak untuk mengatur besar kecil laju suatu aliran fluida dengan cara membuka setengah atau seperempat posisinya, Jadi posisi gate pada valve ini harus benar benar terbuka (fully open) atau benar-benar tertutup (fully close).

Pembuatan dan cara kerja

Pembuatan Valve ini secara prinsip sangat sederhana, dengan menggunakan dua konektor berulir yang terhubung ke sistem pipa. Bagian bonnet bergerak naik ke atas konektor dengan area stoppingwedge merubah dengan memaksa gerakan menjadi naik dan turun.  Handel yang menaikkan dan menurunkan stopper menempati ruang bonnet.

Ketika handel diputar, maka stopper bergerak di dalam valveStopper masuk kedalam ruang dimana cairan melewatinya.

Valve akan menunjukkan posisi stopper pada bagian luarnya, akan terlihat dari posisi tinggi rendahnya handel /pegangan.

Casing valve yang sedikit lebih lebar dari pipa yang terhubung memungkinkan stopper benar-benar menutupi ruang aliran dan membuatnya benar benar tertutup.

Fungsi

Dalam banyak hal valve ini difungsikan hanya untuk terbuka penuh atau tertutup penuh, sehingga valve ini jarang digunakan sebagai alat pengontrol cairan. Gate valve dalam posisi tertutup sebagian dapat meningkatkan tekanan dalam suatu sistem dan memungkinkan mengakibatkan getaran tak terduga dalam cairan.

Cara pemasangan Gate Valve secara prinsip sangat sederhana. Dengan menggunakan dua konektor berulir atau menggunakan dua flange yang dihubungkan ke sistem pipa.
Jika handle (pegangan) diputar, bagian bonnet bergerak naik ke atas konektor dengan area stopping wedge merubah dengan memaksa gerakan menjadi naik dan turun.  Handle yang menaikkan dan menurunkan stopper menempati ruang bonnet. Ketika handel diputar, maka stopper bergerak di dalam valve. Stopper masuk kedalam ruang dimana cairan melewatinya.
Pada posisi buka atau tutup, valve jenis ini bisa dikenali berdasarkan tinggi rendahnya handle (pegangan). Jika posisi handle rendah berarti valve dalan kondisi terbuka, dan sebaliknya. Casing valve yang sedikit lebih lebar dari pipa yang terhubung memungkinkan stopper benar-benar menutupi ruang aliran. Dan membuatnya benar benar tertutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *